Selasa, 07 Juli 2015

info tour

info kepri

Kepulauan Riau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepulauan Riau
Provinsi
Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I).jpg
Lambang Kepulauan Riau
Lambang
Semboyan: "Berpancang Amanah Bersauh Marwah"
Negara Indonesia
Dasar hukumUU No. 25 Tahun 2002
Ibu kotaTanjungpinang
Koordinat1º 10' LS - 5º 10' LU
102º 50' - 109º 20' BT
Pemerintahan
 • GubernurMuhammad Sani
 • Wakil GubernurMuhammad Soerya Respationo
Area
 • Total251.000 km2 (97,000 mil²)
 2.408 pulau
Populasi (2010)[1]
 • Total1.679.163
 • Kepadatan6.7/km2 (17/sq mi)
Demografi
 • Suku bangsaMelayu (35,6%), Jawa(22,2%), Tionghoa (9,3%),Minangkabau (9,3%), Batak(8,1%), Bugis (2,2%), Banjar(0,7%) [2]
 • AgamaIslamKristenBuddha,KhonghucuKatolik danHindu
 • BahasaBahasa Melayu Riau,Bahasa IndonesiaBahasa Hokkien
Zona waktu
Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara; Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur; provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; NegaraSingapuraMalaysia dan provinsi Riau di sebelah barat.
Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 4 kabupaten, dan 2 kota, 47 kecamatan serta 274 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil yang 30% belum bernama, dan berpenduduk. Adapun luas wilayahnya sebesar 252.601 km², sekitar 95% merupakan lautan, dan hanya sekitar 5% daratan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan Provinsi ke-32 di Indonesia yang mencakup Kota TanjungpinangKota Batam,Kabupaten BintanKabupaten KarimunKabupaten NatunaKabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Secara geografis provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan negara tetangga, yaitu Singapura, Malaysia, dan Vietnam yang memiliki luas wilayah 251.810,71 km² dengan 96 persennya adalah perairan dengan 1.350 pulau besar, dan kecil telah menunjukkan kemajuan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Ibukota provinsi Kepulauan Riau berkedudukan di Tanjungpinang. Provinsi ini terletak pada jalur lalu lintas transportasi laut, dan udara yang strategis, dan terpadat pada tingkat internasional serta pada bibir pasar dunia yang memiliki peluang pasar.

Sumber daya alam[sunting | sunting sumber]

Kepri memiliki potensi sumber daya alam mineral, dan energi yang relatif cukup besar, dan bervariasi baik berupa bahan galian A (strategis) seperti minyak bumi, dan gas alam, bahan galian B (vital) seperti timah, bauksit, dan pasir besi, maupun bahan galian golongan C seperti granit, pasir, dan kuarsa.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Pulau Penyengat dilihat dari kotaTanjung Pinang.
Provinsi Kepulauan Riau merupakan gerbang wisata dari mancanegara kedua setelah Pulau Bali. Jumlah wisatawan asing yang datang berkunjung mencapai 1,5 juta orang pada tahun 2005. Objek wisata di provinsi Kepulauan Riau antara lain adalah wisata pantai yang terletak di berbagai kabupaten, dan kota. Pantai MelurPulau Abang dan Pantai Nongsa di kota Batam, Pantai Pelawan di kabupaten Karimun, Pantai Lagoi, Pantai Tanjung Berakit, Pantai Trikora, dan Bintan Leisure Park di kabupaten Bintan. Kabupaten Natuna terkenal dengan wisata baharinya seperti snorkeling.
Selain wisata pantai dan bahari, provinsi Kepulauan Riau juga memiliki objek wisata lainnya seperti cagar budaya, makam-makam bersejarah, tarian-tarian tradisional serta event-event khas daerah. Di kota Tanjungpinang terdapat pulau Penyengat sebagai pulau bersejarah karena di pulau ini terdapat masjid bersejarah, dan makam-makam Raja Haji Fisabililah dan Raja Ali Haji yang kedua-duanya adalah pahlawan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar